Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Ninja Saga Poin Blank Lost Saga
Software
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Sabtu, 05 Mei 2012

Bulan Purnama Terbesar Di Malam Minggu Ini



Bulan Purnama Terbesar Di Malam Minggu Ini - Bulan purnama terbesar akan menghiasi langit di hari Sabtu malam ini Bulan Purnama Terbesar  yang menjadikan hari paling mengasyikkan bagi para penikmat pemandangan langit. Bulan akan berada pada posisi paling dekat dengan bumi dalam beberapa tahun tahun terakhir, dan sering disebut sebagaimana fenomena ‘Super Moon’, atau dari sisi Astronomi fenomena ini disebut ‘Purnama Terdekat’.

Kondisi super moon akan menjadikan pijaran cahaya yang 30 persen lebih terang dan dan jarak 14 persen lebih dekat jika dihitung dari jarak bulan terjauh dari bumi. Jarak yang biasanya 384 ribu km dari Bumi ini menjadi 357 ribu km. Perlu diketahuhi bahwa orbit bulan mengelilingi bumi tidak berbentuk lingkaran akan tetapi lebih menyerupai elips.
Bulan Purnama Terbesar Hiasi Langit di Sabtu Malam
Menurut Bruce McCurdy, seorang astronom dari Royal Astronomy Society of Canada, bentuk elips itu sendiri sering berubah-ubah karena tertarik oleh gravitasi bumi dan matahari, seperti yang dikutip oleh Edmonton Journal. Jika bulan akan berada posisi terdekat pada Sabtu ini maka dua minggu kemudian dia akan menjadi yang terjauh.


Kejadian ini akan terjadi diperkirakan pada pukul 21.34 waktu setempat. Fenomena super moon biasanya terjadi setiap 14 bulan sekali, jadi sebenarnya bukanlah sesuatu yang terlalu istimewa, apalagi bagi mereka yang tidak begitu memahami benda-benda langit.
Oleh karena itu bagi orang awam, pemandangan di langit akan tampak sama saja, karena tidak terlihat begitu signifikan jika dilihat dengan kondisi mata telanjang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Mas-Kas | Published by Templates Blog Gratis
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.